Toyota Corolla DX 1982

20 Aug

Toyota Corolla memiliki sejarah panjang di Indonesia, diproduksi oleh Toyota Motor Corp Jepang, generasi pertama muncul pada tahun 1966 dan mulai masuk ke Indonesia tahun 1972.

Mesin corolla ini terkenal sangat tangguh dan mempunyai kemampuan tinggi, terbukti telah menjadi juara di beberapa ajang rally dunia seperti di Amerika dan Finlandia.

Di Indonesia sendiri, sejak diperkenalkan pada tahun 1972, mobil ini langsung menjadi best seller. Modelnya yang cukup memikat pada jamannya, serta kemudahan perawatan, menjadikan mobil ini sebagi mobil dinas favorit pada beberapa instansi pemerintah dan swasta. Bahkan beberapa perusahaan taxi pun, mempercayakan mobil ini untuk memperkuat armadanya.

Corolla DX yang ada pada gambar diatas adalah salah satu produk tahun 80an dari Toyota yang melegenda di Indonesia. Muncul pada tahun 80-83, produk ini adalah produk generasi keempat Corolla, dan merupakan produk terakhir Corolla yg berpenggerak roda belakang.

Untuk mobil dengan usia 30 tahunan, harganya terbilang agak tinggi, karena DX saat ini banyak penggemarnya, harganya bahkan lebih tinggi daripada GL atau SE yang terbit setelahnya (karena GL dan SE kemudian menggunakan penggerak roda depan). Ini yang membuat DX, menurutku, layak untuk direstorasi, karena selain model nya yang timeless, mobil ini juga masih memiliki resale value yang baik.

Dan, setelah beberapa bulan terkena demam retro, akhirnya aku mendapatkan mobil retro pertamaku, sebuah Toyota DX tahun 82. Masih belum tahu apakah akhirnya mobil ini akan di restorasi, atau dijual kembali, tergantung penawaran yang masuk :)

PR yang sudah dikerjakan adalah kuras radiator, bersihkan AC, ganti seluruh sistem kompresor AC dan kawan-kawannya, ganti semua oli dan belt, ganti shock breaker depan. Untuk tampilannya, sementara dibiarkan apa adanya dulu..

So far, soal mesinnya yang badak, memang sudah terbukti, sekalipun usianya sudah termasuk uzur, mobil ini masih mampu berlari 120km/jam di jalan tol. Bolak balik menemaniku bekerja ke luar kota juga tidak ada masalah.. Selama ini ke bengkel hanya untuk servis rutin saja..

Satu hal yang mengganggu hanyalah body nya yang keropos sehingga kadang bau asap ikut masuk ke dalam kabin, selainnya itu, sebenarnya ini mobil yang masih sangat worth it untuk digunakan sehari-hari, apalagi setelah diganti AC nya, mobil ini tidak kalah dingin dengan mobil baru..

Sangat worth to buy, asal dapat yang kondisinya bagus..

About these ads

2 Responses to “Toyota Corolla DX 1982”

  1. ade 20/09/2012 at 6:04 AM #

    ganti perangkat ac nya pake apa bro? kijang atau apa? bisa tolong kasih spek detailnya? makasih. tolong kirim via email ya..

    • sprakoso 27/07/2013 at 5:30 PM #

      ac nya pake denso gan.. kayaknya kalo ac itu umum ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: